Cegah Kerusakan Lingkungan, Puluhan Pelajar Tanam Biji Bakau

indosiar.com, Tegal – Kerusakan lingkungan kawasan pantai utara Tegal Jawa Tengah, akibat abrasi saat ini semakin parah. Ratusan hektar areal tambak dan lahan pertanian produktif, musnah berubah menjadi lautan. Untuk mencegah makin parahnya kerusakan lingkungan pantai, puluhan pelajar di Tegal, melakukan aksi menaman bibit mangrover atau pohon bakau.

Sekitar tiga puluh pelajar sekolah menengah atas di Tegal, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Pelajar Peduli Lingkungan, Selasa (19/1/2010) siang melakukan aksi Gerakan Menanam Seribu Bibit Pohon Bakau, di kawasan muara pantai Desa Muara Reja Tegal.

Seribu bibit bakau ditanam di kawasan muara, bibir pantai dan areal tambak yang berdekatan dengan pantai. Aksi ini merupakan bentuk kepedulian para pelajar, terhadap kerusakan lingkungan pantai yang semakin parah, akibat abrasi.

Abrasi yang terjadi di kawasan pantai utara Tegal, telah merusak ratusan hektar tambak dan lahan pertanian produktif, yakni kebun melati milik warga. Akibat terkena abrasi, ratusan tambak dan kebun melati kini menjadi lautan.

Abrasi juga merusak kawasan hutan bakau, yang berdampak pada rusaknya habitat hewan laut. Jumlah ikan dan udang saat ini menurun drastis, dibanding beberapa tahun lalu. Kondisi ini berpengaruh pada kesejahteraan nelayan.

Aksi penanaman seribu bibit mangrove ini , diharapkan sepuluh tahun kedepan akan muncul hutan bakau untuk kelestarian lingkungan pantai. Warga setempat juga dilibatkan dalam aksi lingkungan ini. (Kuncoro Wijayanto/Ijs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s