Kementrian Lingkungan Hidup Tuntut PT Barawaja

MAKASSAR–MI: Kementerian Negara Lingkungan Hidup menuntut ganti rugi PT Barawaja di Makassar hingga miliaran rupiah, karena dinilai telah merugikan masyarakat di sekitarnya akibat kelalaian dalam pengelolaan limbah.

“Tuntutan perdata dari kasus tersebut sudah sampai ke Pengadilan dan proses hukumnya sementara berjalan,” kata Kepala Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Regional Sulawesi, Maluku dan Papua (Sumapua) Ridwan D Tamin di Makassar, Kamis (21/1).

Menurut dia, kasus perusahaan industri baja tersebut sampai ke pengadilan tata usaha negara, karena adanya laporan dari masyarakat setempat tentang adanya limbah B3 yang menyebabkan gangguan kesehatan pada warga setempat, seperti berbagai jenis penyakit kulit.

Menyikapi hal tersebut, tim dari PPLH bersama pihak terkait turun melakukan penyidikan dan ternyata ada indikasi pencemaran lingkungan, karena limbah pabrik tidak dikelola dengan baik sebelum dibuang.

Sebagai tindak lanjut dari hal tersebut, lanjutnya, kini perusahaan itu dituntut di pengadilan dengan tuntutan kerugian inmateril sebanyak Rp3,7 miliar, kerugian materil Rp1 miliar dan biaya untuk pemulihan Rp10.050.000.000.

Mengenai kemungkinan PT Barawaja dipindahkan ke lokasi lain, di wilayah pinggiran Kota Makassar, ia mengatakan, tergantung perkembangan hasil keputusan hakim pada persidangan.

“Begitu pula dengan nilai tuntutan kerugian yang ditimbulkan dari aktivitas perusahaan itu, tergantung dari keputusan majelis hakim, bisa saja turun jika ada pertimbangan dan data serta fakta-fakta persidangan yang meringankan PT Barawaja,” ujarnya.

Sementara itu, pada Kamis (21/1) ratusan warga yang bermukim di sekitar PT Barawaja mendatangi Balai Kota, Makassar.

Ratusan warga tersebut yang melakukan aksi unjuk rasa, menuntut agak Wali Kota Makassar H Ilham Arief Sirajuddin bersikap tegas dengan menegakkan peraturan. Namun para pengunjuk rasa kecewa karena tidak bisa bertemu wali kota untuk menyampaikan aspirasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s